ILMU KOMPUTER
Pendahuluan,
Ilmu komputer (bahasa Inggris: Computer
Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang
komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu
komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari
analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa
pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin
ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat
lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan
hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua
istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.
Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum
diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun
dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip
dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer
von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan
deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan
komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis
mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal
(seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa
diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle).
Latar
belakang
Ilmu Komputer mempelajari apa yang
bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan
intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil
(algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu
informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi
(antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).
Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga
dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu
baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.
Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun
1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.
Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang
penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.
Edsger Dijkstra mengatakan:
Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang
teleskop
Bab 1
Fisikawan ternama Richard Feynman mengatakan:
Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun.
Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer
jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan
secara jauh lebih intensif!
Catatan tentang istilah 'Informatika' dan 'Ilmu komputer'
Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis
informatique,
yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik.
Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat
dan computing science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa
Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek
pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.
Hubungan Informatika dengan bidang lain
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini
tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting.
Ilmu Informasi
Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dIlmu komputer (bahasa
Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari
baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak
(software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan
komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret
seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai
suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer,
dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih
cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware).
Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak
orang.
Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum
diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan,
sekalipundengan efisiensi yang berbeda.
Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer.
Para
ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer
yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu),
karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli
ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya
belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan
komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti
komputer random and komputer oracle).
Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan
apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu
harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan
dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana
program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).
Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga
dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu
baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.
Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun
1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.
Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang
penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.
Bab 2
Edsger Dijkstra mengatakan:Ilmu komputer
bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop
Fisikawan ternama Richard Feynman mengatakan:
Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun.
Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer
jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan
secara jauh lebih intensif!
Catatan tentang istilah 'Informatika' dan 'Ilmu komputer'
Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis
informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini
identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing
science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki
makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan
informasi secara sistematis dan rasional.
Hubungan Informatika dengan bidang lain
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini
tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting.
Ilmu Informasi
Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup
bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu
informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu
organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak,
dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan
finansial dan personal manajemen.
'Sistem Informasi' dapat berupa gabungan dari
beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan
bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah
ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi
yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan.
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan
pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi,
Testing dan Maintenance. Pada tahap yang lebih luas Rekayasa Perangkat Lunak
mengacu pada Manajemen Proyek pengembangan Perangkat Lunak itu sendiri dengan
tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan sebelumnya.
Dalam pengembangannya perangkat lunak memiliki berbagai model yaitu model water
fall ('model konvensional' sebagai model terdahulu yang dikembangkan dan karena
model water fall nyaris sama dengan siklus hidup pengembangan sistem), model
prototype ('model yang disukai oleh user dan pengembang), model sequensial
linear, model RAD 'rapid aplikation model', model 'formal method' atau 'metode
formal' disini sebelum diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model
yang dibuat diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan -
kesalahan pada saat implementasi.
Rekayasa Komputer(Rekayasa Perangkat Keras)
Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi
dari perangkat keras komputer.
Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan
perangkat lunak.
Keamanan Informasi
Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari
keamanan sistem informasi (termasuk Kriptografi).
Cabang Ilmu Utama Informatika
Dasar Matematika
• Aljabar Boolean
• Matematika Diskrit
• Teori Graf
• Teori Informasi
• Logika Simbolik
• Peluang and Statistik
Teori Ilmu Komputer
• Teori Informasi Algoritmik
• Kompilator
o Analisis Leksikal
o Penguraian
• Kriptografi
• Semantik Denotasional
• Teori Komputasi (atau Ilmu Komputer Teoritis)
o analisa dari algoritma dan kompleksitas dari problem
o logika dan arti dari program
o logika matematika dan bahasa formal
• Teori Tipe
Bab 3
Perangkat Lunak
• Program Komputer and Pemrograman Komputer
o Pemrograman Paralel
o Spesifikasi Program
o Verifikasi Program
• Teknik Pemrograman
• Rekayasa Perangkat Lunak
o Optimisasi
o Metrik Perangkat Lunak
o Pola Desain
o Metode Pengembangan Perangkat Lunak
• Bahasa Pemrograman
• Sistem Operasi
Organisasi Sistem Komputer
• Arsitektur Komputer
• Jaringan Komputer
• Komputasi Terdistribusi
• Komputasi grid
• Kinerja dari Sistem
• Implementasi dari Sistem Komputer
Data dan Sistem Informasi
• Struktur Data
• Representasi penyimpan data
• Enkripsi data
• Kompresi data
• Pengkodean dan Teori Informasi
• Berkas
o Format Berkas
• Sistem Informasi
o Basis Data
o Data Mining
o Data Warehouse
o Penyimpanan dan Pengambilan Informasi
o Antarmuka dan presentasi informasi
Metodologi Komputasi
• manipulasi simbolik dan aljabar
• Kecerdasan Buatan
• Grafik Komputer
• Pengolahan Citra dan Visi Komputer
• Pengenalan Pola
• Pengenalan Suara
• Simulasi dan Pemodelan
• Pengolahan dokumen dan teks
• Pengolahan Sinyal Digital
Aplikasi Komputer
• Pengolahan data administratif
• Perangkat lunak matematika
o Analisis numerik
o Pembukti teori otomatis
o Aljabar komputer
• Ilmu dan teknik fisika
o Kimia Komputasional
o Fisika Komputasional
• Ilmu hayat dan medis
o Bioinformatika
o Biologi Komputasional
o Informatika Medika
• Sosiologi
• Seni dan kemanusiaan
• rekayasa berbantuan komputer
• Robotik
• Interaksi manusia dan komputer
o Sintesa suara
o Rekayasa kedapatgunaan
• Hiburan
o Permainan Komputer
Lingkungan Komputasi
• Industri Komputer
• Sejarah dari Perhitungan
• Komputer dan pendidikan
• Komputer dan masyarakat
• Kerja Kooperatif Didukung Komputer
• Aspek hukum dari computer
• manajemen dari komputasi dan sistem informasi
• personal computer
• Komputer dan Keamanan Informasi
Sejarah
• Sejarah dari Perhitungan
• Projek pemrograman awal
• Departemen Ilmu Komputer
• Garis Waktu dari Algoritma
Ahli Terkenal Ilmu Komputer
• John Backus Penemu FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama dan
susunan Backus-Naur untuk mendeskripsikan bahasa formal sintaks.
• James Cooley dan John Tuckey Fourier Transform Cepat (Fast Fourier Transform)
dan pengaruhnya pada riset keilmuan.
• Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard, penemu bahasa berorientasi objek SIMULA.
• Edsger Dijkstra untuk algoritma, Goto dianggap berbahaya.
• Kenneth Iverson Penemu APL, untuk kontribusinya di perhitungan interaktif.
• William Kahan untuk standard IEEE floating-point.
• Donald Knuth untuk Seni dari Pemrograman Komputer
• Ada Lovelace programer terkenal pertama di dunia
• John von Neumann yang telah mengembangkan arsitektur von Neumann.
• Claude E. Shannon untuk teori informasi
• Alan Turing untuk teori komputabilitas.
• James Wilkinson Teknik "analisa
kesalahan dari belakang" dan kemajuan di bidang perhitungan matriks.
• Wilkinson adalah juga penggerak dalam pengembangan Pilot ACE, komputer di
Inggris yang pertama, pada akhir 1940-an.
• Konrad Zuse Pembuat binari komputer yang pertama pada 1930-an, dimana dia
menrencanakan bahasa pemrograman jauh sebelum waktunya.
Sumber Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas an informasi, mencakup bagaimana
menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi
dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu
organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak,
dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan
finansial dan personal manajemen. 'Sistem Informasi' dapat berupa gabungan dari
beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan
bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah
ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi
yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan.
Bab 4
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan
pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi,
Testing dan Maintenance.
Pada tahap
yang lebih luas Rekayasa Perangkat Lunak mengacu pada Manajemen Proyek
pengembangan Perangkat Lunak itu sendiri dengan tetap memperhatikan
tahapan-tahapan pengembangan sebelumnya.
Dalam pengembangannya perangkat lunak memiliki berbagai model yaitu model water
fall ('model konvensional' sebagai model terdahulu yang dikembangkan dan karena
model water fall nyaris sama dengan siklus hidup pengembangan sistem), model
prototype ('model yang disukai oleh user dan pengembang), model sequensial
linear, model RAD 'rapid aplikation model', model 'formal method' atau 'metode
formal' disini sebelum diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model
yang dibuat diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan -
kesalahan pada saat implementasi.
Rekayasa Komputer(Rekayasa Perangkat Keras)
Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi
dari perangkat keras komputer.
Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan
perangkat lunak.
Keamanan Informasi
Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari
keamanan sistem informasi (termasuk Kriptografi).
Cabang Ilmu Utama Informatika
Dasar Matematika
• Aljabar Boolean
• Matematika Diskrit
• Teori Graf
• Teori Informasi
• Logika Simbolik
• Peluang and Statistik
Teori Ilmu Komputer
• Teori Informasi Algoritmik
• Kompilator
o Analisis Leksikal
o Penguraian
• Kriptografi
• Semantik Denotasional
• Teori Komputasi (atau Ilmu Komputer Teoritis)
o analisa dari algoritma dan kompleksitas dari problem
o logika dan arti dari program
o logika matematika dan bahasa formal
• Teori Tipe
Perangkat Lunak
• Program Komputer and Pemrograman Komputer
o Pemrograman Paralel
o Spesifikasi Program
o Verifikasi Program
• Teknik Pemrograman
• Rekayasa Perangkat Lunak
o Optimisasi
o Metrik Perangkat Lunak
o Pola Desain
o Metode Pengembangan Perangkat Lunak
• Bahasa Pemrograman
• Sistem Operasi
Organisasi Sistem Komputer
• Arsitektur Komputer
• Jaringan Komputer
• Komputasi Terdistribusi
• Komputasi grid
• Kinerja dari Sistem
• Implementasi dari Sistem Komputer
Data dan Sistem Informasi
• Struktur Data
• Representasi penyimpan data
• Enkripsi data
• Kompresi data
• Pengkodean dan Teori Informasi
• Berkas
o Format Berkas
• Sistem Informasi
o Basis Data
o Data Mining
o Data Warehouse
o Penyimpanan dan Pengambilan Informasi
o Antarmuka dan presentasi informasi
Metodologi Komputasi
• manipulasi simbolik dan aljabar
• Kecerdasan Buatan
• Grafik Komputer
• Pengolahan Citra dan Visi Komputer
• Pengenalan Pola
• Pengenalan Suara
• Simulasi dan Pemodelan
• Pengolahan dokumen dan teks
• Pengolahan Sinyal Digital
Aplikasi Komputer
• Pengolahan data administratif
• Perangkat lunak matematika
o Analisis numerik
o Pembukti teori otomatis
o Aljabar komputer
• Ilmu dan teknik fisika
o Kimia Komputasional
o Fisika Komputasional
• Ilmu hayat dan medis
o Bioinformatika
o Biologi Komputasional
o Informatika Medika
• Sosiologi
• Seni dan kemanusiaan
• rekayasa berbantuan komputer
• Robotik
• Interaksi manusia dan komputer
o Sintesa suara
o Rekayasa kedapatgunaan
• Hiburan
o Permainan Komputer
Lingkungan Komputasi
• Industri Komputer
• Sejarah dari Perhitungan
• Komputer dan pendidikan
• Komputer dan masyarakat
• Kerja Kooperatif Didukung Komputer
• Aspek hukum dari computer
• manajemen dari komputasi dan sistem informasi
• personal computer
• Komputer dan Keamanan Informasi
Sejarah
• Sejarah dari Perhitungan
• Projek pemrograman awal
• Departemen Ilmu Komputer
• Garis Waktu dari Algoritma
Ahli Terkenal Ilmu Komputer
• John Backus Penemu FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama dan
susunan Backus-Naur untuk mendeskripsikan bahasa formal sintaks.
• James Cooley dan John Tuckey Fourier Transform Cepat (Fast Fourier Transform)
dan pengaruhnya pada riset keilmuan.
• Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard, penemu bahasa berorientasi objek SIMULA.
• Edsger Dijkstra untuk algoritma, Goto dianggap berbahaya.
• Kenneth Iverson Penemu APL, untuk kontribusinya di perhitungan interaktif.
• William Kahan untuk standard IEEE floating-point.
• Donald Knuth untuk Seni dari Pemrograman Komputer
• Ada Lovelace programer terkenal pertama di dunia
• John von Neumann yang telah mengembangkan arsitektur von Neumann.
• Claude E. Shannon untuk teori informasi
• Alan Turing untuk teori komputabilitas.
• James Wilkinson Teknik "analisa kesalahan dari belakang" dan
kemajuan di bidang perhitungan matriks.
• Wilkinson adalah juga penggerak dalam pengembangan Pilot ACE, komputer di
Inggris yang pertama, pada akhir 1940-an.
• Konrad Zuse Pembuat binari komputer yang pertama
MODUL OFFICE 2007
Microsoft Word 2007 merupakan salah satu software
pengolah kata yang sangat populer saat ini. Untuk mendapatkan paduannya saat
ini sangat banyak beredar di internet baik yang bersifat gratis maupun yang
berbayar.
Berikut ini adalah deskripsi tentang isi dari ebook panduan word 2007 yang bisa didownload secara gratis, rincian isi buku tersebut dibagi dalam beberapa modul yang terdiri dari ratusan halaman,selengkapnya bisa dilihat di bawah ini :
Modul 1. Membuat Dan Menyimpan Dokumen Kerja
Menjalankan Microsoft Word 2007 2
Pengenalan Interface/Tampilan Word 2007
Mengaktifkan Menu–Menu Pada Microsoft Word 2007
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Word 2007
Menyimpan Dokumen Kerja
Menutup Dokumen Kerja
Modul 2. Mengedit Dokumen Kerja Dan Memformat Huruf
Membuka Dokumen Kerja Yang Telah Di Simpan
Memilih Teks Yang Akan Di Format/Edit
Memindahkan Dan Menduplikasi Teks
Memformat Huruf/Font
Mengatur Perataan Paragraf
Modul 3. Memformat Paragraf, Bullet Dan Numbering, Drop Cap Dan Spasi Baris
Membuat Numbering
Membuat Bullet
Membuat Drop Cap
Mengatur Jarak Baris/Spasi Baris
Modul 4 Mengatur Jarak Paragraf, Orientasi Halaman Dan Menyisipkan tanggal
Mengatur Jarak Antar Paragraf.
Mengatur Jarak Indentasi (Jarak Teks Terhadap Margin).
Mengatur Margin, Ukuran Dan Orientasi Halaman/ Page Size
Menambahkan tanggal dalam dokumen
Modul 5 Membuat Bingkai Dokumen Dan Pangaturan Tabulasi
Membuat Bingkai Halaman, Paragraf Dan Teks.
Menggunakan Menu Tab
Menghapus Tabulasi Dalam Dokumen
Membuat Tabulasi Menggunakan Ruler
Modul 6. Mencari Teks, Halaman, Menggabungkan Dokumen Dan Menggunakan Format Kolom.
Mencari (Find) Dan Mengganti (Replace) Teks
Berpindah Ke Halaman Tertentu
Menggabungkan Dua Dokumen Atau Lebih
Menggunakan Format Kolom Dalam Dokumen
Modul 7. Bekerja Dengan Header & Footer Dan Menyisipkan Simbol Dan Nomor Halaman
Membuat Header Dan Footer
Menghapus Header Dan Footer
Menyisipkan Simbol
Menyisipkan Nomor Halaman
Modul 8. Menyisipkan Text Box, Word Art, Dan Clip Art
Menyisipkan Text Box Dalam Dokumen
Menyisipkan Word Art
Menyisipkan Clip Art
Modul 9. Membuat Equation, Hyperlink, Watermark Dan Mencetak Dokumen
Menyisipkan Objek Equation
Membuat Dan Memanfaatkan Hyperlink
Menggunakan Watermark
Mencetak Dokumen Dengan Format Tertentu
Modul 10. Membuat Dan Menghapus Tabel, Konversi Teks Ke Tabel Dan Tabel Ke Teks
Membuat Tabel
Menghapus Tabel
Mengkonversi Table Ke Teks
Mengkonversi Teks Ke Tabel
Modul 11. Memanipulasi Tabel
Mengatur Border Dan Shading Tabel
Menyisipkan Baris Dan Kolom Pada Tabel
Menghapus Baris Dan Kolom Tabel
Mengatur Tinggi Baris Dan Lebar Kolom
Menggabungkan Dan Memisahkan Baris Dan Kolom Tabel
Modul 12. Menyisipkan Gambar, Shape Dalam Dokumen Dan Crop Image
Menyisipkan Gambar Ke Dalam Dokumen
Menyisipkan Shapes Dalam Dokumen
Croping Image
Modul 13. Membuat Diagram Dan Grafik.
Menyisipkan Diagram Dalam Dokumen
Membuat Diagram Grafik
Modul 14. Membuat Dan Mencetak Mail Merge.
Membuat Mail Merge
Mengedit Data Source Mail Merge
Mencari Entry Data Source
Mencetak Mail Merge
Modul 15. Membuat Label Amplop Mail Merge.
Membuat Label Amplop Menggunakan Mail Merge
Mencetak Label Amplop Mail Merge
Berikut ini adalah deskripsi tentang isi dari ebook panduan word 2007 yang bisa didownload secara gratis, rincian isi buku tersebut dibagi dalam beberapa modul yang terdiri dari ratusan halaman,selengkapnya bisa dilihat di bawah ini :
Modul 1. Membuat Dan Menyimpan Dokumen Kerja
Menjalankan Microsoft Word 2007 2
Pengenalan Interface/Tampilan Word 2007
Mengaktifkan Menu–Menu Pada Microsoft Word 2007
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Word 2007
Menyimpan Dokumen Kerja
Menutup Dokumen Kerja
Modul 2. Mengedit Dokumen Kerja Dan Memformat Huruf
Membuka Dokumen Kerja Yang Telah Di Simpan
Memilih Teks Yang Akan Di Format/Edit
Memindahkan Dan Menduplikasi Teks
Memformat Huruf/Font
Mengatur Perataan Paragraf
Modul 3. Memformat Paragraf, Bullet Dan Numbering, Drop Cap Dan Spasi Baris
Membuat Numbering
Membuat Bullet
Membuat Drop Cap
Mengatur Jarak Baris/Spasi Baris
Modul 4 Mengatur Jarak Paragraf, Orientasi Halaman Dan Menyisipkan tanggal
Mengatur Jarak Antar Paragraf.
Mengatur Jarak Indentasi (Jarak Teks Terhadap Margin).
Mengatur Margin, Ukuran Dan Orientasi Halaman/ Page Size
Menambahkan tanggal dalam dokumen
Modul 5 Membuat Bingkai Dokumen Dan Pangaturan Tabulasi
Membuat Bingkai Halaman, Paragraf Dan Teks.
Menggunakan Menu Tab
Menghapus Tabulasi Dalam Dokumen
Membuat Tabulasi Menggunakan Ruler
Modul 6. Mencari Teks, Halaman, Menggabungkan Dokumen Dan Menggunakan Format Kolom.
Mencari (Find) Dan Mengganti (Replace) Teks
Berpindah Ke Halaman Tertentu
Menggabungkan Dua Dokumen Atau Lebih
Menggunakan Format Kolom Dalam Dokumen
Modul 7. Bekerja Dengan Header & Footer Dan Menyisipkan Simbol Dan Nomor Halaman
Membuat Header Dan Footer
Menghapus Header Dan Footer
Menyisipkan Simbol
Menyisipkan Nomor Halaman
Modul 8. Menyisipkan Text Box, Word Art, Dan Clip Art
Menyisipkan Text Box Dalam Dokumen
Menyisipkan Word Art
Menyisipkan Clip Art
Modul 9. Membuat Equation, Hyperlink, Watermark Dan Mencetak Dokumen
Menyisipkan Objek Equation
Membuat Dan Memanfaatkan Hyperlink
Menggunakan Watermark
Mencetak Dokumen Dengan Format Tertentu
Modul 10. Membuat Dan Menghapus Tabel, Konversi Teks Ke Tabel Dan Tabel Ke Teks
Membuat Tabel
Menghapus Tabel
Mengkonversi Table Ke Teks
Mengkonversi Teks Ke Tabel
Modul 11. Memanipulasi Tabel
Mengatur Border Dan Shading Tabel
Menyisipkan Baris Dan Kolom Pada Tabel
Menghapus Baris Dan Kolom Tabel
Mengatur Tinggi Baris Dan Lebar Kolom
Menggabungkan Dan Memisahkan Baris Dan Kolom Tabel
Modul 12. Menyisipkan Gambar, Shape Dalam Dokumen Dan Crop Image
Menyisipkan Gambar Ke Dalam Dokumen
Menyisipkan Shapes Dalam Dokumen
Croping Image
Modul 13. Membuat Diagram Dan Grafik.
Menyisipkan Diagram Dalam Dokumen
Membuat Diagram Grafik
Modul 14. Membuat Dan Mencetak Mail Merge.
Membuat Mail Merge
Mengedit Data Source Mail Merge
Mencari Entry Data Source
Mencetak Mail Merge
Modul 15. Membuat Label Amplop Mail Merge.
Membuat Label Amplop Menggunakan Mail Merge
Mencetak Label Amplop Mail Merge
(tutorial power point 2003 - 2007).Buku panduan powerpoint
ini bisa menjadi bahan referensi untuk belajar mengoperasikan software
powerpoint untuk membuat presentasi yang profesional.
Rincian lengkap ebook ini bisa dilihat di bawah ini :
Modul 1 Pengenalan PowerPoint 2007
Menjalankan Microsoft PowerPoint 2007
Pengenalan Interface/Tampilan PowerPoint 2007
Mengaktifkan Menu–Menu Pada Microsoft PowerPoint 2007
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft PowerPoint 2007
Menyimpan Dokumen Presentasi
Menutup Presentasi
Modul 2 Memulai Sebuah Presentasi
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft PowerPoint 2007
Menambahkan Slide Baru Dalam Presentasi
Menyimpan Dokumen Presentasi Dengan Nama Lain
Membuat Presentasi Menggunakan Template
Membuat Presentasi Menggunakan Template Microsoft Office Online
Modul 3 Mengatur Tampilan Kerja Membuka File Dokumen Presentasi
Pengenalan Beberapa Tampilan
Bekerja Dengan Tampilan Area Outline
Bekerja dengan Slide
Bekerja Dengan Tampilan Slide Sorter
Bekerja Dengan Tampilan Notes Pages
Modul 4 Mengatur Layout dan Themes
Memilih Dan Mengganti Layout/ Tampilan Slide.
Menggunakan Themes Slide.
Menggunakan Multiple Themes Dalam Satu Presentasi
Mengedit Format Themes
Membuat Custom Themes Color Slide/ Warna Thames Baru
Modul 5 Memodifikasi Background Slide , Format Teks
Mengganti Background Slide Dengan Warna Solid.
Mengganti Background Slide Dengan Warna Gradien
Mengganti Background Slide Dengan Gambar/Picture
Mengatur Format Font dan Paragraf dalam Slide
Mengatur Jarak Spasi Antar Huruf/ Character
Mengatur Format Perataan Paragraf Dalam Slide
Modul 6 Memodifikasi Paragraf , Bullet and Numbering
Mengatur Spasi Baris Paragraf dalam Slide.
Mengatur Indent/ Jarak Teks Dengan Text Boundaries
Menggunakan Format Bullets
Menggunakan Format Numbering
Modul 7 Memodifikasi Presentasi Dengan Menyisipkan Gambar, Audio DanVideo
Menambahkan Objek Gambar Ke Dalam Slide
Memodifikasi Gambar Dalam Slide
Menggunakan Style Dan Efek Gambar
Menyisipkan File Video Ke Dalam Slide Presentasi
Menyisipkan File Suara/ Sound Ke Dalam Slide Presentasi
Modul 8 Menggunakan , Memodifikasi Slide Master
Menggunakan Slide Master
Memodifikasi Huruf Dan Paragraf Menggunakan Slide Master
Menyisipkan Gambar/ Image Ke Dalam Slide Master
Membuat Slide Master Baru
Modul 9 Memodifikasi Presentasi Menggunakan Animasi
Menggunakan Animasi Dalam Slide
Menggunakan Custom Animation
Menghapus Efek Animasi Slide
Membuat Slide Master Baru
Mengatur Durasi Tampilan Slide
Menggunakan Efek Perpindahan Slide
Modul 10 Memodifikasi Presentasi Dengan Menyisipkan Table, Grafik, Dan Wordart
Menyisipkan Tabel Dalam Slide Presentasi
Mengatur Format Tabel Dalam Presentasi
Menghapus Dan Menambah Baris & Kolom Tabel
Menambahkan Grafik Dalam Presentasi
Menambah Diagram Dalam Presentasi
Mengatur Format Diagram Dalam Presentasi
Modul 11 Menambah Dan Memodifikasi Gambar, Clip Art Dan Shapes
Menambah Gambar Dalam Slide Presentasi
Menambah ClipArt Dalam Slide Persentasi
Menambahkan Objek Shape Dalam Dokumen Presentasi
Menambahkan Objek Text Box Dokumen Presentasi
Modul 12 Publikasi Dan Mencetak Dokumen Presentasi
Menggabungkan Beberapa Slide Yang Akan di Publikasi
Membuat Tombol Aksi Dalam Slide
Membuat Link Menuju Slide Tetentu
Packing Presentasi Ke Dalam CD
Menyimpan File Presentasi Menjadi File Slide Show
Mencetak Slide Menjadi Hand Out
Rincian lengkap ebook ini bisa dilihat di bawah ini :
Modul 1 Pengenalan PowerPoint 2007
Menjalankan Microsoft PowerPoint 2007
Pengenalan Interface/Tampilan PowerPoint 2007
Mengaktifkan Menu–Menu Pada Microsoft PowerPoint 2007
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft PowerPoint 2007
Menyimpan Dokumen Presentasi
Menutup Presentasi
Modul 2 Memulai Sebuah Presentasi
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft PowerPoint 2007
Menambahkan Slide Baru Dalam Presentasi
Menyimpan Dokumen Presentasi Dengan Nama Lain
Membuat Presentasi Menggunakan Template
Membuat Presentasi Menggunakan Template Microsoft Office Online
Modul 3 Mengatur Tampilan Kerja Membuka File Dokumen Presentasi
Pengenalan Beberapa Tampilan
Bekerja Dengan Tampilan Area Outline
Bekerja dengan Slide
Bekerja Dengan Tampilan Slide Sorter
Bekerja Dengan Tampilan Notes Pages
Modul 4 Mengatur Layout dan Themes
Memilih Dan Mengganti Layout/ Tampilan Slide.
Menggunakan Themes Slide.
Menggunakan Multiple Themes Dalam Satu Presentasi
Mengedit Format Themes
Membuat Custom Themes Color Slide/ Warna Thames Baru
Modul 5 Memodifikasi Background Slide , Format Teks
Mengganti Background Slide Dengan Warna Solid.
Mengganti Background Slide Dengan Warna Gradien
Mengganti Background Slide Dengan Gambar/Picture
Mengatur Format Font dan Paragraf dalam Slide
Mengatur Jarak Spasi Antar Huruf/ Character
Mengatur Format Perataan Paragraf Dalam Slide
Modul 6 Memodifikasi Paragraf , Bullet and Numbering
Mengatur Spasi Baris Paragraf dalam Slide.
Mengatur Indent/ Jarak Teks Dengan Text Boundaries
Menggunakan Format Bullets
Menggunakan Format Numbering
Modul 7 Memodifikasi Presentasi Dengan Menyisipkan Gambar, Audio DanVideo
Menambahkan Objek Gambar Ke Dalam Slide
Memodifikasi Gambar Dalam Slide
Menggunakan Style Dan Efek Gambar
Menyisipkan File Video Ke Dalam Slide Presentasi
Menyisipkan File Suara/ Sound Ke Dalam Slide Presentasi
Modul 8 Menggunakan , Memodifikasi Slide Master
Menggunakan Slide Master
Memodifikasi Huruf Dan Paragraf Menggunakan Slide Master
Menyisipkan Gambar/ Image Ke Dalam Slide Master
Membuat Slide Master Baru
Modul 9 Memodifikasi Presentasi Menggunakan Animasi
Menggunakan Animasi Dalam Slide
Menggunakan Custom Animation
Menghapus Efek Animasi Slide
Membuat Slide Master Baru
Mengatur Durasi Tampilan Slide
Menggunakan Efek Perpindahan Slide
Modul 10 Memodifikasi Presentasi Dengan Menyisipkan Table, Grafik, Dan Wordart
Menyisipkan Tabel Dalam Slide Presentasi
Mengatur Format Tabel Dalam Presentasi
Menghapus Dan Menambah Baris & Kolom Tabel
Menambahkan Grafik Dalam Presentasi
Menambah Diagram Dalam Presentasi
Mengatur Format Diagram Dalam Presentasi
Modul 11 Menambah Dan Memodifikasi Gambar, Clip Art Dan Shapes
Menambah Gambar Dalam Slide Presentasi
Menambah ClipArt Dalam Slide Persentasi
Menambahkan Objek Shape Dalam Dokumen Presentasi
Menambahkan Objek Text Box Dokumen Presentasi
Modul 12 Publikasi Dan Mencetak Dokumen Presentasi
Menggabungkan Beberapa Slide Yang Akan di Publikasi
Membuat Tombol Aksi Dalam Slide
Membuat Link Menuju Slide Tetentu
Packing Presentasi Ke Dalam CD
Menyimpan File Presentasi Menjadi File Slide Show
Mencetak Slide Menjadi Hand Out
No comments:
Post a Comment