Komputer


ILMU KOMPUTER

Pendahuluan,

Ilmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.

Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle).

Latar belakang
Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.
Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.
Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.

Edsger Dijkstra mengatakan:
Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop

Bab 1
Fisikawan ternama Richard Feynman mengatakan:
Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif!
Catatan tentang istilah 'Informatika' dan 'Ilmu komputer'
Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique,

yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.
Hubungan Informatika dengan bidang lain
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting.

Ilmu Informasi
Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dIlmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.

Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipundengan efisiensi yang berbeda.

 Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer.

 Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle).

Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.
Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.
Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.

Bab 2

Edsger Dijkstra mengatakan:Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop
Fisikawan ternama Richard Feynman mengatakan:
Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif!
Catatan tentang istilah 'Informatika' dan 'Ilmu komputer'
Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.
Hubungan Informatika dengan bidang lain
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting.

Ilmu Informasi
Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.

Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen.

 'Sistem Informasi' dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan.

Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi, Testing dan Maintenance. Pada tahap yang lebih luas Rekayasa Perangkat Lunak mengacu pada Manajemen Proyek pengembangan Perangkat Lunak itu sendiri dengan tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan sebelumnya.
Dalam pengembangannya perangkat lunak memiliki berbagai model yaitu model water fall ('model konvensional' sebagai model terdahulu yang dikembangkan dan karena model water fall nyaris sama dengan siklus hidup pengembangan sistem), model prototype ('model yang disukai oleh user dan pengembang), model sequensial linear, model RAD 'rapid aplikation model', model 'formal method' atau 'metode formal' disini sebelum diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model yang dibuat diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan - kesalahan pada saat implementasi.

Rekayasa Komputer(Rekayasa Perangkat Keras)
Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.

Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan perangkat lunak.

Keamanan Informasi
Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk Kriptografi).

Cabang Ilmu Utama Informatika
Dasar Matematika
• Aljabar Boolean
• Matematika Diskrit
• Teori Graf
• Teori Informasi
• Logika Simbolik
• Peluang and Statistik

Teori Ilmu Komputer
• Teori Informasi Algoritmik
• Kompilator
o Analisis Leksikal
o Penguraian
• Kriptografi
• Semantik Denotasional
• Teori Komputasi (atau Ilmu Komputer Teoritis)
o analisa dari algoritma dan kompleksitas dari problem
o logika dan arti dari program
o logika matematika dan bahasa formal
• Teori Tipe


 

 

 

Bab 3

Perangkat Lunak
• Program Komputer and Pemrograman Komputer
o Pemrograman Paralel
o Spesifikasi Program
o Verifikasi Program
• Teknik Pemrograman
• Rekayasa Perangkat Lunak
o Optimisasi
o Metrik Perangkat Lunak
o Pola Desain
o Metode Pengembangan Perangkat Lunak
• Bahasa Pemrograman
• Sistem Operasi

Organisasi Sistem Komputer
• Arsitektur Komputer
• Jaringan Komputer
• Komputasi Terdistribusi
• Komputasi grid
• Kinerja dari Sistem
• Implementasi dari Sistem Komputer

Data dan Sistem Informasi
• Struktur Data
• Representasi penyimpan data
• Enkripsi data
• Kompresi data
• Pengkodean dan Teori Informasi
• Berkas
o Format Berkas
• Sistem Informasi
o Basis Data
o Data Mining
o Data Warehouse
o Penyimpanan dan Pengambilan Informasi
o Antarmuka dan presentasi informasi

Metodologi Komputasi
• manipulasi simbolik dan aljabar
• Kecerdasan Buatan
• Grafik Komputer
• Pengolahan Citra dan Visi Komputer
• Pengenalan Pola
• Pengenalan Suara
• Simulasi dan Pemodelan
• Pengolahan dokumen dan teks
• Pengolahan Sinyal Digital

Aplikasi Komputer
• Pengolahan data administratif
• Perangkat lunak matematika
o Analisis numerik
o Pembukti teori otomatis
o Aljabar komputer
• Ilmu dan teknik fisika
o Kimia Komputasional
o Fisika Komputasional
• Ilmu hayat dan medis
o Bioinformatika
o Biologi Komputasional
o Informatika Medika
• Sosiologi
• Seni dan kemanusiaan
• rekayasa berbantuan komputer
• Robotik
• Interaksi manusia dan komputer
o Sintesa suara
o Rekayasa kedapatgunaan

 

 

• Hiburan
o Permainan Komputer
Lingkungan Komputasi
• Industri Komputer
• Sejarah dari Perhitungan
• Komputer dan pendidikan
• Komputer dan masyarakat
• Kerja Kooperatif Didukung Komputer
• Aspek hukum dari computer
• manajemen dari komputasi dan sistem informasi
• personal computer
• Komputer dan Keamanan Informasi

Sejarah
• Sejarah dari Perhitungan
• Projek pemrograman awal
• Departemen Ilmu Komputer
• Garis Waktu dari Algoritma

Ahli Terkenal Ilmu Komputer
• John Backus Penemu FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama dan susunan Backus-Naur untuk mendeskripsikan bahasa formal sintaks.
• James Cooley dan John Tuckey Fourier Transform Cepat (Fast Fourier Transform) dan pengaruhnya pada riset keilmuan.
• Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard, penemu bahasa berorientasi objek SIMULA.
• Edsger Dijkstra untuk algoritma, Goto dianggap berbahaya.
• Kenneth Iverson Penemu APL, untuk kontribusinya di perhitungan interaktif.
• William Kahan untuk standard IEEE floating-point.
• Donald Knuth untuk Seni dari Pemrograman Komputer
• Ada Lovelace programer terkenal pertama di dunia
• John von Neumann yang telah mengembangkan arsitektur von Neumann.
• Claude E. Shannon untuk teori informasi
• Alan Turing untuk teori komputabilitas.

• James Wilkinson Teknik "analisa kesalahan dari belakang" dan kemajuan di bidang perhitungan matriks.
• Wilkinson adalah juga penggerak dalam pengembangan Pilot ACE, komputer di Inggris yang pertama, pada akhir 1940-an.
• Konrad Zuse Pembuat binari komputer yang pertama pada 1930-an, dimana dia menrencanakan bahasa pemrograman jauh sebelum waktunya.

Sumber Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas an informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.

Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. 'Sistem Informasi' dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan.

 

Bab 4
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi, Testing dan Maintenance.

 Pada tahap yang lebih luas Rekayasa Perangkat Lunak mengacu pada Manajemen Proyek pengembangan Perangkat Lunak itu sendiri dengan tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan sebelumnya.
Dalam pengembangannya perangkat lunak memiliki berbagai model yaitu model water fall ('model konvensional' sebagai model terdahulu yang dikembangkan dan karena model water fall nyaris sama dengan siklus hidup pengembangan sistem), model prototype ('model yang disukai oleh user dan pengembang), model sequensial linear, model RAD 'rapid aplikation model', model 'formal method' atau 'metode formal' disini sebelum diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model yang dibuat diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan - kesalahan pada saat implementasi.

Rekayasa Komputer(Rekayasa Perangkat Keras)
Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.

Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan perangkat lunak.




 

Keamanan Informasi
Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk Kriptografi).

Cabang Ilmu Utama Informatika
Dasar Matematika
• Aljabar Boolean
• Matematika Diskrit
• Teori Graf
• Teori Informasi
• Logika Simbolik
• Peluang and Statistik

Teori Ilmu Komputer
• Teori Informasi Algoritmik
• Kompilator
o Analisis Leksikal
o Penguraian
• Kriptografi
• Semantik Denotasional
• Teori Komputasi (atau Ilmu Komputer Teoritis)
o analisa dari algoritma dan kompleksitas dari problem
o logika dan arti dari program
o logika matematika dan bahasa formal
• Teori Tipe

Perangkat Lunak
• Program Komputer and Pemrograman Komputer
o Pemrograman Paralel
o Spesifikasi Program
o Verifikasi Program
• Teknik Pemrograman
• Rekayasa Perangkat Lunak
o Optimisasi
o Metrik Perangkat Lunak
o Pola Desain
o Metode Pengembangan Perangkat Lunak
• Bahasa Pemrograman
• Sistem Operasi

Organisasi Sistem Komputer
• Arsitektur Komputer
• Jaringan Komputer
• Komputasi Terdistribusi
• Komputasi grid
• Kinerja dari Sistem
• Implementasi dari Sistem Komputer

Data dan Sistem Informasi
• Struktur Data
• Representasi penyimpan data
• Enkripsi data
• Kompresi data
• Pengkodean dan Teori Informasi
• Berkas
o Format Berkas
• Sistem Informasi
o Basis Data
o Data Mining
o Data Warehouse
o Penyimpanan dan Pengambilan Informasi
o Antarmuka dan presentasi informasi

Metodologi Komputasi
• manipulasi simbolik dan aljabar
• Kecerdasan Buatan
• Grafik Komputer
• Pengolahan Citra dan Visi Komputer
• Pengenalan Pola
• Pengenalan Suara
• Simulasi dan Pemodelan
• Pengolahan dokumen dan teks
• Pengolahan Sinyal Digital
 Aplikasi Komputer
• Pengolahan data administratif
• Perangkat lunak matematika
o Analisis numerik
o Pembukti teori otomatis
o Aljabar komputer
• Ilmu dan teknik fisika
o Kimia Komputasional
o Fisika Komputasional
• Ilmu hayat dan medis
o Bioinformatika
o Biologi Komputasional
o Informatika Medika
• Sosiologi
• Seni dan kemanusiaan
• rekayasa berbantuan komputer
• Robotik
• Interaksi manusia dan komputer
o Sintesa suara
o Rekayasa kedapatgunaan
• Hiburan
o Permainan Komputer

Lingkungan Komputasi
• Industri Komputer
• Sejarah dari Perhitungan
• Komputer dan pendidikan
• Komputer dan masyarakat
• Kerja Kooperatif Didukung Komputer
• Aspek hukum dari computer
• manajemen dari komputasi dan sistem informasi
• personal computer
• Komputer dan Keamanan Informasi

Sejarah
• Sejarah dari Perhitungan
• Projek pemrograman awal
• Departemen Ilmu Komputer
• Garis Waktu dari Algoritma

Ahli Terkenal Ilmu Komputer
• John Backus Penemu FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama dan susunan Backus-Naur untuk mendeskripsikan bahasa formal sintaks.
• James Cooley dan John Tuckey Fourier Transform Cepat (Fast Fourier Transform) dan pengaruhnya pada riset keilmuan.
• Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard, penemu bahasa berorientasi objek SIMULA.
• Edsger Dijkstra untuk algoritma, Goto dianggap berbahaya.
• Kenneth Iverson Penemu APL, untuk kontribusinya di perhitungan interaktif.
• William Kahan untuk standard IEEE floating-point.
• Donald Knuth untuk Seni dari Pemrograman Komputer
• Ada Lovelace programer terkenal pertama di dunia
• John von Neumann yang telah mengembangkan arsitektur von Neumann.
• Claude E. Shannon untuk teori informasi
• Alan Turing untuk teori komputabilitas.
• James Wilkinson Teknik "analisa kesalahan dari belakang" dan kemajuan di bidang perhitungan matriks.
• Wilkinson adalah juga penggerak dalam pengembangan Pilot ACE, komputer di Inggris yang pertama, pada akhir 1940-an.
• Konrad Zuse Pembuat binari komputer yang pertama








MODUL OFFICE 2007

Microsoft Word 2007 merupakan salah satu software pengolah kata yang sangat populer saat ini. Untuk mendapatkan paduannya saat ini sangat banyak beredar di internet baik yang bersifat gratis maupun yang berbayar.

Berikut ini adalah deskripsi tentang isi dari ebook panduan word 2007 yang bisa didownload secara gratis, rincian isi buku tersebut dibagi dalam beberapa modul yang terdiri dari ratusan halaman,selengkapnya bisa dilihat di bawah ini :

Modul 1. Membuat Dan Menyimpan Dokumen Kerja
Menjalankan Microsoft Word 2007 2
Pengenalan Interface/Tampilan Word 2007
Mengaktifkan Menu–Menu Pada Microsoft Word 2007
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Word 2007
Menyimpan Dokumen  Kerja 
Menutup Dokumen Kerja
Modul 2. Mengedit Dokumen Kerja Dan Memformat Huruf
Membuka Dokumen Kerja Yang Telah Di Simpan
Memilih Teks Yang Akan Di Format/Edit  
Memindahkan Dan Menduplikasi Teks
Memformat Huruf/Font
Mengatur Perataan Paragraf 

Modul  3. Memformat Paragraf, Bullet Dan Numbering, Drop Cap Dan Spasi Baris
Membuat Numbering 
Membuat Bullet  
Membuat Drop Cap
Mengatur Jarak Baris/Spasi Baris

 
Modul 4  Mengatur  Jarak  Paragraf,  Orientasi  Halaman  Dan Menyisipkan tanggal

Mengatur Jarak Antar Paragraf. 
Mengatur Jarak Indentasi (Jarak Teks Terhadap Margin). 
Mengatur Margin, Ukuran Dan Orientasi Halaman/ Page Size 
Menambahkan tanggal dalam dokumen 

Modul 5 Membuat Bingkai Dokumen Dan Pangaturan Tabulasi
Membuat Bingkai Halaman, Paragraf Dan Teks. 
Menggunakan Menu Tab 
Menghapus Tabulasi Dalam Dokumen 
Membuat Tabulasi Menggunakan Ruler

Modul  6.  Mencari  Teks,  Halaman,  Menggabungkan  Dokumen  Dan Menggunakan Format Kolom.
Mencari (Find) Dan Mengganti (Replace) Teks
Berpindah Ke Halaman Tertentu 
Menggabungkan Dua Dokumen Atau Lebih 
Menggunakan Format Kolom Dalam Dokumen


Modul  7.  Bekerja Dengan Header &  Footer Dan Menyisipkan  Simbol Dan Nomor Halaman
Membuat Header Dan Footer
Menghapus Header Dan Footer
Menyisipkan Simbol 
Menyisipkan Nomor Halaman 


Modul 8. Menyisipkan Text Box, Word Art, Dan Clip Art
Menyisipkan Text Box Dalam Dokumen 
Menyisipkan Word Art 
Menyisipkan Clip Art 


Modul  9. Membuat  Equation,  Hyperlink, Watermark  Dan Mencetak Dokumen
Menyisipkan Objek Equation 
Membuat Dan Memanfaatkan  Hyperlink 
Menggunakan Watermark 
Mencetak Dokumen Dengan Format Tertentu  

Modul  10. Membuat Dan Menghapus  Tabel,  Konversi  Teks  Ke  Tabel Dan Tabel Ke Teks
Membuat Tabel
Menghapus Tabel 
Mengkonversi Table Ke Teks 
Mengkonversi Teks Ke Tabel

Modul 11. Memanipulasi Tabel
Mengatur Border Dan Shading  Tabel
Menyisipkan Baris Dan Kolom Pada Tabel
Menghapus Baris Dan Kolom Tabel 
Mengatur Tinggi Baris Dan Lebar Kolom 
Menggabungkan Dan Memisahkan Baris Dan Kolom Tabel 

Modul 12.  Menyisipkan Gambar, Shape Dalam Dokumen Dan Crop Image
Menyisipkan Gambar Ke Dalam Dokumen 
Menyisipkan Shapes Dalam Dokumen
Croping Image 

Modul 13. Membuat Diagram Dan Grafik.
Menyisipkan Diagram Dalam Dokumen 
Membuat Diagram Grafik 

Modul 14.  Membuat Dan Mencetak Mail Merge.
Membuat Mail Merge  
Mengedit Data Source Mail Merge
Mencari Entry Data Source 
Mencetak Mail Merge

Modul 15. Membuat Label Amplop Mail Merge.
Membuat Label Amplop Menggunakan Mail Merge
Mencetak Label Amplop Mail Merge
(tutorial power point 2003 - 2007).Buku panduan powerpoint ini bisa menjadi bahan referensi untuk belajar mengoperasikan software powerpoint untuk membuat presentasi yang profesional.

Rincian lengkap ebook ini bisa dilihat di bawah ini :

Modul 1 Pengenalan PowerPoint 2007
Menjalankan Microsoft PowerPoint 2007
Pengenalan Interface/Tampilan PowerPoint 2007
Mengaktifkan Menu–Menu Pada Microsoft PowerPoint 2007
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft PowerPoint 2007
Menyimpan Dokumen Presentasi
Menutup Presentasi

Modul 2 Memulai Sebuah Presentasi
Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft PowerPoint 2007
Menambahkan Slide Baru Dalam Presentasi
Menyimpan Dokumen Presentasi Dengan Nama Lain
Membuat Presentasi Menggunakan Template
Membuat Presentasi Menggunakan Template Microsoft Office Online

Modul 3 Mengatur Tampilan Kerja Membuka File Dokumen Presentasi
Pengenalan Beberapa Tampilan
Bekerja Dengan Tampilan Area Outline
Bekerja dengan Slide
Bekerja Dengan Tampilan Slide Sorter
Bekerja Dengan Tampilan Notes Pages


Modul 4 Mengatur Layout dan Themes
Memilih Dan Mengganti Layout/ Tampilan Slide.
Menggunakan Themes Slide.
Menggunakan Multiple Themes Dalam Satu Presentasi
Mengedit Format Themes
Membuat Custom Themes Color Slide/ Warna Thames Baru


Modul 5 Memodifikasi Background Slide , Format Teks
Mengganti Background Slide Dengan Warna Solid.
Mengganti Background Slide Dengan Warna Gradien
Mengganti Background Slide Dengan Gambar/Picture
Mengatur Format Font dan Paragraf dalam Slide
Mengatur Jarak Spasi Antar Huruf/ Character
Mengatur Format Perataan Paragraf Dalam Slide


Modul 6 Memodifikasi Paragraf , Bullet and Numbering
Mengatur Spasi Baris Paragraf dalam Slide.
Mengatur Indent/ Jarak Teks Dengan Text Boundaries
Menggunakan Format Bullets
Menggunakan Format Numbering


Modul 7 Memodifikasi Presentasi Dengan Menyisipkan Gambar, Audio DanVideo
Menambahkan Objek Gambar Ke Dalam Slide
Memodifikasi Gambar Dalam Slide
Menggunakan Style Dan Efek Gambar
Menyisipkan File Video Ke Dalam Slide Presentasi
Menyisipkan File Suara/ Sound Ke Dalam Slide Presentasi


Modul 8 Menggunakan , Memodifikasi Slide Master 
Menggunakan Slide Master
Memodifikasi Huruf Dan Paragraf Menggunakan Slide Master
Menyisipkan Gambar/ Image Ke Dalam Slide Master
Membuat Slide Master Baru


Modul 9 Memodifikasi Presentasi Menggunakan Animasi
Menggunakan Animasi Dalam Slide
Menggunakan Custom Animation
Menghapus Efek Animasi Slide
Membuat Slide Master Baru
Mengatur Durasi Tampilan Slide
Menggunakan Efek Perpindahan Slide


Modul 10 Memodifikasi Presentasi Dengan Menyisipkan Table, Grafik, Dan Wordart
Menyisipkan Tabel Dalam Slide Presentasi
Mengatur Format Tabel Dalam Presentasi
Menghapus Dan Menambah Baris & Kolom Tabel
Menambahkan Grafik Dalam Presentasi
Menambah Diagram Dalam Presentasi
Mengatur Format Diagram Dalam Presentasi


Modul 11 Menambah Dan Memodifikasi Gambar, Clip Art Dan Shapes
Menambah Gambar Dalam Slide Presentasi
Menambah ClipArt Dalam Slide Persentasi
Menambahkan Objek Shape Dalam Dokumen Presentasi
Menambahkan Objek Text Box Dokumen Presentasi


Modul 12 Publikasi Dan Mencetak Dokumen Presentasi
Menggabungkan Beberapa Slide Yang Akan di Publikasi
Membuat Tombol Aksi Dalam Slide
Membuat Link Menuju Slide Tetentu
Packing Presentasi Ke Dalam CD
Menyimpan File Presentasi Menjadi File Slide Show
Mencetak Slide Menjadi Hand Out

No comments: